Gatel2

4 10 2018

eaa….3 tulisan berturut2 membahas apa sodara2? yap..gatel. jd gatel karna analisis awamku yang cacingan kmr belum ilang dunk. malah tambah parah aja. gmn kelanjutannya. untuk mengingat2 lagi marilah drku runut ceritanya sbb:

1. 12 – 13 september : Gatel area telinga dan bag belakang leher, lipatan hidung dan pinggirian mata. gatelnya bergantian gt. hbs telinga, mata, trus lipatan hidung. jdlah daku merasa aneh dgn perulangan gatal yg diarea itu2 aj.

2. 14 septembet: gatel pd bagian kaki dan lutut yg berair di dalamnya. jd sebelum luka belum berhenti digaruk, sampe keluar air gt atu darah sekalian br ilang gatelnya. jd gw minta obat di resepin obat gatel sm adik gw. dikasihlah loratadin(1×1), dexa methason(1×1) dan amoksisilin(3×1). selain itu gatel ini merambah bagian anus yg mana kl malam gatelnya menjadi2 shg gw sampe kebangun tidur dan susah u tidur lg. jdlah malem itu kerjaan menggaruk2 bagian anus. kebayang ya betapa tersiksanya drku. jadi malam itu drku sudah lgs eksekusi beli obat yg di resepin adikku dan lgs minum dunk.

3. 15 september, gatel msh menyerang dan ga berhenti lo walao udah minum obat yg diresepin ibet kmr. trus gugling2 kira2 knplah drku ini? diskusi sm ibet, apakah kira2 gw ini cacingan, soalnya kata gugel gejala cacingan itu persis spt yg gw alamin. gatel di sekitar anus dan kl malam gatelnya mkn mnjadi.

4. 16 september: gw beli obat cacing combantrin dan lgs minum 2 tablet sesuai aturan yang tertera di obatnya. sekalian jg gw beliin buat orang2 dirumah semuanya.

5. 17 september: gatel di anus berkurang cuma gatel di bagian yg lain ga berkurang. dmnkah itu? gatel di bagian lutut, kaki, siku dan jari2. aseli gateeel bgt ya Allah. sampe gw udah berendam pake air anget ga ilang jg gatelnya. dan kl malam gw masih terbangun dan ga bisa tidur saking gatelnya. astaghfirullah.

6. tgl 20 gw merasa badan gw agak meriang dan demam. jadilah gw memutuskan libur hari itu, pdhl gw udah di stasiun lo. saat ini gw masih melanjutkan minum obat yg dikasih adek gw di atas.

7. tgl 20 malam, gw memutuskan k dkter spesialis kulit di hermina bogor. gw perlihatkan siku, lutut dan kaki gw yg udah luka2 itu k beliau. dan gw didiagnosis alergi akut sm dia. gw di resepin obat minum (racikan 1), salep racikan 1 utk gatel di kaki, lutut dan siku, mofacort utk gatel di anus, obat minum 1 lg (gw lupa).

8. 21 September : masih gatel di siku, lutut, kaki dan jari. dan malah tambah gatel dan bikin area kayak pulau2 gt di area gatelnya. merah2 dan agal menebal dikit.

9. 22 september : gw balik lg k dktr yg sama tp prakteknya di sentra medika cibinong. gw lgs di suntik sm dia. ntar di cek lg kwitansinya. trus gw minta salep jg untuk di anus msh gatel soalnya. pake yg kmr kurang mempan kayaknya. dikasih lah gw obat salep yg kandungannya sama persis tp merknya beda. yaitu dermovel. asli reash dan gelisah d. anus masih gatel walau berkurang. trus siku. lutut kaki jg gatel. jd knp gw bs demam? analisa gw karna gw malemnya ga bisa tidur nyenyak alias kebangun trs, paling cm sejam 2 jam d bs tidur. jdlah gw ngerasa badan gw capek semua, lelah bgt.

10. 23 september : pagi2 pas gw mo sholat dhuha, muncullah ruam merah di badan gw mulai dr daerah leher, dada dan turun k perut. muka gw jg mulai merah2, mata sembab rasanya. waktu itu badan gw belum gatel sh. tp merah2 yg kayak pulau di siku, lutut dan kaki alhamdulillah berkurang dan mulai mengering.

11. 24 September: gw memutuskan untuk konsultasi sm dokter di cipto. karna yg jalur biasa ngantri bgt, gw beralih k cipto kencana. di sana gw dibilang kena virus. dikasih obat bedak kocok dingin dan obat minum … (2×1). karna masih merasa kurang puas dan penasaran sm cipto biasa, jdilah gw melanjutkan antri di cipto biasa ini. karn agw ingat kl di cipto biasa pengecekannya lbh detail dan pake di poto segala. yowislah ya kadung udah di tkp yowis sekalian aja. bener dunk pas di poli kulit yg umum, gw ditanyain detai. di runut sakitnya mulai dr mana, di potoin jg semuanya. asli maluuu bgt dan urgh gw juga takut liat badan gw sndiri yg penuh merah2 itu. karna yg dominan waktu itu merah2 seluruh tubuh gw pdhl awal sakit gw kan gatel2 area lutut, siku dan kaki. cuma merah2 area lutut, siku dan kaki emang berkurang sh dan mulai mengering gt. gw liatin potonya k dktr kayak gmn merah2 siku lutut dan kaki gw kmr itu. apa kabar orang yg liat ya. kata dokter di sini gw kemungkinan besar alergi jd dia akan merujuk gw k poli sebelah dl. cuma untuk lutut, siku dan kaki tetep di kasih salep. ok, ngantri lg di poli alergi. dan trnyata gw di sini malah di curigai lupus karna mmg muka gw merah bgt ya. disuruhlah tes darah ANA ke lab. dan di resepin obat minum 2 buah yaitu …. (3×1 sesudah makan) dan ….(2×1 sebelum makan.

12. 25 dan 26 september : Alhamdulillah merah2nya berkurang tp msh gatel aj dunk. hiks…Ampun ya Allah.

13. 27 dan 28 September: gw memutuskan untuk masuk kerja lg walau merahnya udah hampir ilang, tinggal gatelnya aj. terutama bag punggung gw. karna mgk aktifitas dktr ya, jd ada kegiatan lumayan ketahanlah ya gatelnya. nyampe rumah lgs gw bales dendam sm gatelnya. garuuuuk aj trs dan siram sm air panas..T_T

skr udah tanggal 4 oktober. msh belum ilang gatelnya di punggung sm paha. walaupun masih tolerable dan alhamdulillah, malam2 gw udah ga kebangun lg saking gatalnya. alhamdulillah. skr yg jd PR adalah hasil lab tes ANA kmr, udah di ambil uda kmr. hsilnya kurang bagus sh. cuma dibutuhkan tes lanjutan lg 3 bulan kemudian dan gw memutuskan untuk lanjut konsulatsi sm dkter yang menyuruh gw tes darah ANA kmr karna gatelnya sampe skr msh ada di punggung sma a paha gw dan obat jg udah habis. jd 2 hari ini gw udah ga minum obat. oiya additional info, kmr gw sempat minum herbal daun bidara 2 kali per hari 1. semoga ga kenapa2 ya Allah. semoga diangkat penyakit gatel2 ini. Aamiin…

Demikian cerita ttg gatel2 gw. doain smg sembuh ya dan semoga dijauhkan dr segala macam penyakit.

Advertisements




Cacingan!!!

18 09 2018

apakah gatel yang kemaren udah ilang? berkurang sh udah, terutama telinga dan belakang telinga. cuma mata sh masih..hiks..dan tentunya nambah aja dunk gatelnya ke area anus dan kelamin (dikit).

ah beneran d takut sampe gugling2 dan memanfaatkan daya ingat serta insting, ini kayaknya cacingan apa ya? sampe baca salah satu situs sehat yang menyatakan kl gejala cacingan itu salah satunya adalah gatel di area anus apalagi kl malam menjadi sangat tdk tertahankan karna pd malam itu cacingnya bertelor. walah ini bener bgt yg gw alamin. kamis sm jumat kmr itu (2 malam) berturut gw ngalamin hal persis ini pas malam yaitu gatelnya tak tertahankan smpe gw ga bisa tidur. jd tangan gw itu posisinya garukin daerah sana tp tetep udah digarukpun gatelnya ga ilang. naudzubillah bgt lah waktu itu. sampe mau nangis ya Allah. akhrinya bsk nya drku fix nanya obat sm adikku minta resep obat cacing ato k dktr apa bagusnya?

dikasih resep combantrin, trus baca2 katanya kl salah satu keluarga kena infeksi cacingan kemungkinan besar anggota keluarga lain jg terkena. jadilah beli itu obat cacing buat sekekluarga aja sekalian. toh kita memang dianjurkan minum obat cacing sekali enam bulan to yg mana gw belum pernah d kayaknya minum obat cacing seumur hidup. gmn apakah ada kemajuan..

Alhamdulillah minggu kmr itu gatel di sekitar anus berkurang banyak dan gw bisa tidur. alhamdulillah. walau masih ada sh, cm tolerable lah ya..semoga bs sembuh total.

sekarang tinggal gatal2 di daerah kaki, siku, jari dan lutut..gatelnya berair..belum luka belum ilang gatelnya. subhanallah ya.

yang namanya sakit itu ga enak ya. pdhl dari sekian hari br dikasih sakit gatel skr..maaf ya Allah, kmr2 kmn aja…maafkan hambamu yg ga bersyukur ini. semoga gatel2 ini segera Allah kasih sembuh dan tentunya hikmah. ah Allah, aku ingin dekat dgnMu. Aamiin.

 

 





Aku kenapa??

13 09 2018

ini udah hari kedua aku ngalamin flu yg aneh. kok tumben bgt ya kayak gini. jd ceritanya 2 hari yg lalu itutelingaku kayak gatal gitu bagian luar dan dalamnya gt. ya gatal biasa sh menurutku ya. kdg kalo aku keramas trus kan dalamnya basah ya. jdlah kl ga di bersihin pake cotton buds jd gatal. nah gatalnya kayak gt. nah kebetulan lg tenggorokan ku mang lg ga enak bgt. kayak radang gt. jdlah minta tlg beliin adikku larutan penyegar k indomaret kmr. kayaknya mang mau flu jg d karna udah bersin2, mata berair dan ingusan jg.

dan besoknya gatal2 ini merambah yg lain dunk, pinggiran mata, lipatan hidung, telinga msh tetap. sm belakang telinga ato leher belakang. gatelnya gantian lg. merasa keganggu jg ya soalnya..soalnya kok gatelnya ga berenti2. gitu aja terus seharian kmr. hiks…ini kenapa ya…smpe gugling, nanya adek..apakah ini efek flu ato alergi apa ya??

Ya allah, skr udah hari kedua nih..semoga sembuh ya Allah..aamiin..





Kejang ato Menggigil (Part 2)

28 06 2018

Lama sekali udah ga nge blog. byk yg mau di ceritain tp asa malas gt. terutama ttg fawwaz. Bulan maret kmr sy pulang kampung sekalian menghadiri wisuda adik sy yg bungsu. excited bgt karna sudah sangat ingin liburan dan momennya pas ada adik yg wisuda. yowis sy pulang sm ii, uda ga bisa ikut karna ga bisa cuti. kita dtg pas hari H tgl 18 hari minggu waktu itu. fawwaz jg anteng selama di bandara. baik bgt ga rewel. dia jg mau main sm antid an gaeknya. pas tgl 19 spt biasa fawwaz msh aktif ga ada tanda2 demam jg. nah malamnya fawwaz spt biasa sy ngajiin sblm tidur. pas dia udah tidur sy msh sempat telp2an sm ayahnya apa wa an sy jg lupa. nah ga lama setelah itu lampu di kampung kan emang srg mati ya. fawwaz gelisah dan kebangun. dua kali panggil bunda dgn pelan dan sy lgs gendong karna sy takut fawwaz kejang (menggigil spt yang ketiga kmr). dan sy udah takut duluan, sy panggil adik sy bet yg udah tidur. iin msh di ruang nonton. sy bilang ii tlg bangunin ibet kayaknya fawwaz kejang. sy ga tau persis karna lampu mati. cuma sy panggil fawwaZ sptnya dia ga denger sy udah panik, sy tidurin fawwaZ di bantal dan berlari ambil obat anti kejangnya dia. dan ibet jg berteriak iya ni fawwaz kejang katanya. ah hatiku melongos bnr2 lemas. diukur suhunya juga ga demam. fawwaz dikasih obat anti kejang sm ibet, bbrp saat…cuma beberapa saat. fawwaz kebangun tp sptnya dia ngantuk dan tidur lg.sy ga bisa memastikan apakah fawwaz kejang saat itu. cuma kata ibet emang iya. selain lampu mati sy panik juga. biasanya fawwaz di gendong ayahnya jd sy yg memastikan apakah fawwaz kejang ato bukan, sadar apa enggak. nah saat itu posisinya sy yg gendong fawwaz. sy mmg merasakan yg ga bagus trjadi sm fawwaz tp ga tau apa itu kejang ato enggak.

Malam itu sy ditemanin ibet tidur di kamar, karna trs trg sy juga takut kl fawwaz kambuh kejangnya. Alhamdulillah ga kambuh. besoknya ibuk sm ayah fix mengatakan kl fawwaz memang epilepsi dan disuruh berobat kampung. cuma uda ga mengizinkan. yowis sy ikutin orang tua cuma sebatas konsultasi tp tidak melanjutkan k tahap selanjutnya. tgl 24 sy lgs bawa fawwaz k dsa Jimmy pasat yg di hermina bogor. dan karna udah 2 kali fawwaz kejang tanpa demam, maka sypun ikhlas kl memang fawwaz hrs dikasih obat rutin depakene. bismillah semoga ikhtiar ini allah ridhoi, semoga kl memang fawwaz eplipesi disembuhkan oleh Allah, sembuh yg tidak kambuh lagi, sembuh yang tidak meninggalkan efek buruk untuk tumbuh kembangnya dan kecerdasannya. Aamiin.

Kapan fawwaz mulai minum obat depakene ini? tgl 25 nya fawwaz udah rutin dikasih obat ini. sebulan setelah minum obat fawwaz disuruh cek darah untuk melihat efek samping k hatinya. Alhamdulillah kata dktr ga ada efek samping k hati. nanti per 3 bulan disuruh cek darah lg. semoga fawwaz sehat2 selalu ya Allah. Aamiin Allahumma Aamiin.





Dr. Jimmy Passat

19 02 2018

Akhirnya setelah pencarian dokter spesialis anak konsultan syaraf di cibinong, bogor dan jakarta diputuskan konsultasi untuk kondisi fawwaz pasca kejang k dokter jimmy passat yang praktek di RS. Hermina Bogor. kenapa?
1. hasil EEG fawwaz yg pertama kan konsultasinya k dr. Dwi di RSPI. jauh euy dr Cibinong untuk mengulang konsulatasi lg. ditambah pas mau daftar minggu ini doinya cuti sementara kita udah ga sabar mau konsult. trus memikirkan jarak tempuh cibinong dgn RSPI yang 60KM itu udah kebayang fawwaznya yg ga nyaman bgt di mobil.
2. Di Cibinong sendiri trnyata udah gugling ga da dokter spesialis anak konsultan syaraf. adanya spesialis syaraf yaitu di Bina Husada.
3. pas gw baca profil dokter jimmy passat ini, kayaknya lumayan baguslah ya. komennya ada 1 yang kurang. tp 3 lainnya mengatakan bagus. udah senior pulak.

Gimana hasilnya?
jadwal prakteknya jam 16.00 – 20.00. gw udah nelp reserve sh dpt antrian no.3. cuma katanya kan panggilan per kedatangan. tep mah cuma untuk mengetahui kuota aja. ok d..Alhamdulillah pas nyampe sana kita ga ngantri lama. cuma 5 apa 10 menit langsung dipanggil. kesan pertama gw dokternya udah sepuh dan lumayan komunikatif cuma agak tidak ramah ya menurut ku. misalnya pas gw nanya, kpn sy ngasih stesolid dok? waktu kejang apa sesaat setalh kejang. di jawab doi y waktu kejang dong. kan gunanya stesolid biar ga kejang. hm…ok dok.

1. Fawwaz ditanyain kapan kejang, disuruh ceritain. yowis gw ceritainlah kl kejang pertama fawwaz 2 thn yg lalu dalam keadaan panas tinggi dan lumayan lama. kejang kedua fawwaz setahun yg lalu sesaat setelah kejang (suhunya udah adem, kl ga salah 38 dan sdh mengeluarkan keringat dingin) __> ada gw tulis di blog. kejang yang ketiga minggu lalu dgn suhu 36 an. dia demam (38.5) saat dini hari (3.30), kejangnya jam 21.30. msh dlm 24 jam pertama ya (noted bgt trnyata dalam 24 jam pertama fawwaz demam selalu kejang 😦 ).
respon doktrenya denger gw ceritain ini, ho’o jd jarak kejangnya lumayan lama ya. iya dok.

2. Dia melihat hsl EEG fawwaz. dia menjelaskan bisa jd hasil EEG orang yg epilepsi normal tp dianya kejang bukan karna demam tp karna epilepsi dan itu mang harus di obati. dan bisa jadi orang yang bukan epilepsi tp hsl EEGnya epilepsi. jadi bgm menentukan seseorang itu kejang karna demam ato karna epilepsi?? kuncinya adalah suhu badan anak saat terjadi kejang. nah gw kekeuh mengatakan kl saat fawwaz sebelum kejang udah gw pastikan suhunya via termometer. terutama saat kejang ketiga kmr, suhu badan fawwaz berkisar di angka 36 an. tp ga lama setelah itu dia seperti menggigil dok tp ga sadar gw panggil2 ga nyahut. kata dokter orang menggigil itu pasti suhu di dalamnya panas tinggi. menggigil merupakan salah satu respon tubuh untuk menyesuaikan suhu yg panas. ini gw kurang ngerti sh. bukannya mengigil itu karna kedinginan ya. ntarlah ya gw tanyain lg. yg jelas fawwaz kayaknya bukan menggigil biasa d waktu kejadian. wong dia gw panggil2 ga nyahut tapi matanya terbuka menatap gw dg tatapan kosong.

Trus bgm cara mendapatkan suhu tubuh yg akurat? yaitu dgn mengukur suhunya lwt dubur bukan ketek. karna selama demam fawwaz suhunya gw dapatkan via ketek jd dokternya merasa data yg gw kasih tidak akurat.
jadi??
dokternya belum merekomendasikan untuk memberikan obat epilepsi? 2 thn loh buk obatnya hrs diminum? kalo datanya ga akurat sayang. jd intinya kata dokter gw harus mendapatkan data yang akurat dl (dalam hal ini suhu tubuh fawwaz saat terjadi kejang dgn mengukurnya lewat dubur). fyi thermometer omron trnyata bisa mengukur suhu lewat dubur. ujungnya hrs lbh gede dr termometer biasa. (PR: beli lagi 1 termometer untuk dubur ya)
Stelah dapat data yang akurat br bisa dipastikan fawwaz mau dikasih obat epilepsi apa ga? kejangnya karna demam apa epilepsi?

Trus dokternya ngasih puyer untuk obat penurun panas yang dilengkapi anti kejang. kata dokternya kl fawwaz demam kasih puyer ini hbs itu bw k dokter buat pemeriksaan selanjutnya.dokter juga memberikan stesolid, katanya dikasih saat fawwaz kejang biar kejangnya berhenti. trus selain itu dikasih lg pengganti obat batuk fawwaz karna spt yg gw ceritain di artikel sblmnya kayaknya obat batuk fawwaz yg dr sentra bikin dia bentol2 d. jadilah dikasih obat penggantinya itu.

Demikianlah hasil kunjungan gw dgn dokter jimmy ini. walaupun dokternya kurang ramah waktu itu k gw, tp bismillah gw percaya sm dia. gw sbnrnya udah pasrah jg kl mmg fawwaz hrs dikasih obat epilepsi selama 2 thn. yowislah gw ikutin aja. sampe gw sholat istikharah smg apapun itu, adalah yg terbaik dr Allah. tp mendengar kata dokter Jimmy waktu itu dia belum merekomendasikan obat epilepsi untuk Fawwaz, smg itu adalah jawaban Allah mengenai kondisi fawwaz skr.

dan semoga memang fawwaz kejangnya yg kemaren itu mmg karena demam aj bukan epilepsi dan semoga ga kambuh2 lgi ya Allah… Aamiin





RSSM Cibinong

19 02 2018

knp fawwaz akhirnya bisa dirawat di sentra? ceritanya begini..

– waktu fawwaz kejang (ato menggigil ga sadar) itu kan kita inisiatif lgs bawa fawwaz k rumah sakit. sempat bingung mau di bawa kemana. uda suruh cek di buku asuransi. dan di Bogor, rumah sakit yang tercakup dalam asuransi ada RS. Trimitra. dan gw ingat kayaknya trimitra ini ga tll jauh. msh di jln raya bogor ga jauh dr CCM. yowislah meluncur kita k UGD sana.

– setelah di periksa dokter jaga, fawwaz disuruh ambil darah. dan hasilnya diagnosa awal fawwaz positif kena tipus dan direkomendasikan untuk di rawat. yowislah ya gw nurut dan disuruh cr kamar di depan bag informasi.

– pas gw nanya rate kamar yg tersedia, trnyata kamar yg lg kosong itu yg ratenya 350rb dan yg 900 rb. aneh bgt ya. sementara plafon asuransi gw 600rb. bingungkan. mau ambil yang 350 rb kebayang psti ga bagus bgt kamarnya. mau ambil yg 900rb ketinggian jg. yowislah ya, akhirnya si uda ambil keputusan cr rumah sakit yg lain ajalah. nah yg kepikiran sm gw waktu itu adalah sentra karna kpn itu ibuk2 komplek prnah ngasih tau kl salah satu rumah sakit yg bagus di cibinong itu adalah sentra.

– berangkatlah gw k RS. Senra medika ya. trnyata sentra medika cibinong ini msh 1 grup dgn RS. harapan bunda di jakarta. pas nyari kamar ada tuh kata uda kelas 1 yg msh tercoverlah sm plafon asuransi kita. senanglah gw ya. dan kata uda ga perlu cek darah lg. gw kasian jg sm fawwaz kl hrs ambil darah lg.

– ternyata pas gw tanya kelas 1 itu berapa orang per kamar? ternyata 2 orang dan gw kurang sreg ya kl 2 org. pengennya yg 1 orang kl ada. gw tanya dunk yg 1 org per kamar ratenya brp? katanya 700rb. ok ambil itu aja mbak kt gw. 100rb mnrt gw msh ga trlalu mahal lah bedanya. dibanding 900rb di Trimitra.

– yowis ceritanya udah dapat kamar nih kelas utama dgn rate 700 rb (1 org per kamarnya). eh pas fawwaz mau di infus, anaknya udah nangis kejer ga mau. trpaksalah dgn paksaan, karna dibujuk ga mempan. pdhl susternya udah nunggu lama.

– pas wktu mau infus susternya nanya, fawwaz ada alergi obat ato antibiotik ga? gw jawab enggak karna mmg ga pernah alergi dianya. dan trnyata fawwaz ttp hrs ambil darah lg buat cek ulang..whats?? gw bawaannya udah stress dunk, kasian fawwaz soalnya. alhamdulillah kata susternya ambil darahnya sekalian infus aja. ok d..trus suter nanya lg mau sama siapa dokternya. karna gw ga pnya gambaran gw bilang terserah aj. dan dikasihlah gw sm dokter benry. ok d.

– besoknya pagi2 pas dokter ngecek kondisi fawwaz, disuruh ceritain kronologis fawwaz kejang, dan dia menyuruh fawwaz bsk EEG karna mnrt dia, dr cerita gw fawwaz kejang dgn suhu tidak demam, berarti itu epilepsi. tp bsk kita liatlah hs EEgnya. ga brp lama setelah itu gw jg di panggil suster katanya dktr mau ngomong. kata dokternya hasil lab Trimitra itu ngacok. masa udah di vonis tipus pdhl demam br sehari. tipus itu minimal demam ga berhenti selama 7 hari br di tes widal. ini ujug2 tes widal pdhl demam 1 hari. gw yg ga skt tipus pun bis positif widal. ho’o gt dok..gw meneketehe lah ya. ok berarti fawwaz ga tipus cuma emang lekositnya lg tinggi 15rb an. dan itu menandakan ada infeksi bakteri di dalam tubuhnya.

– hr kedua fawwaz di rumah sakit fawwaz di EEG, gw kebetulan ga ikut karna gantian sm uda yg jaga. jd gw msk ktr hari itu.

– bsknya fawwaz cek darah lg dan hasilnya lekositnya udah turun dibwh 10rb, jd keputusan dktr fawwaz udah boleh pulang hari itu. ALhamdulillah.

– waktu infus di cabut, keluar bentol2 di muka fawwaz. gw ngomong k uda cm gw ga ngomong k suster karna gw pkr itu karna digigit semut ato apa, trus fawwaz garuk makanya gitu. cuma kata fawwaz waktu itu ga gatel dan sakit. yowislah ya.

– Pas mau pulang gw dibekelin obat sm susternya. total ada 5 obat : antibiotik, obat sesak nafas (asma), obat batuk, obat pilek, obat demam. kata susternya waktu itu obat demam kl perlu aja. antibiotik hrs dihabiskan. ok noted.

– Oiya fyi, suhu tubuh fawwaz selama di rawat emang 36 an. sama waktu fawwaz gw cek suhu di rumah. sesaat sebelum kejang.

– gw pulang RS waktu itu kira2 nyampe rumah jam 3. gw kasih obat fawwaz kecuali obat demam ya. malamnya jg gt, selain obat demam gw kasih. eh pas mau tidur fawwaz mengeluhkan kakinya gatal bgt sampe ga tahan gt. gw ceklah kakinya ternyata udah banyak bentol2 di sana. ada sedikit jg di perut dan muka. wah gw panik dunk. uda sampe k rumah sakit lgs komplen menanyakan apakah bs ganti obat. kata susternya bawa aja anaknya k sini biar bs di cek di UGD. yowis gw bawa lg fawwaz k rs. cuma pas nyampe depan kita mikir lagi. apa bsk aja ya hari sabtu sekalian kontrol dan baca EEG sm dokter benrynya. kebetulan EEGnya jg belum diambil.

– Untuk sementara gw telp lah adek gw mencritakan bentol2 fawwaz ini. adek gw menyarankan ganti anti biotik dgn amoksisilin. karna gw k ktr otomatis gw bs beli antibiotik malamnya ya. jd sehari itu fawwaz ga dikasih anti biotik dl. malamnya dikasih anti biotik amoksisilin aman, bsk paginya jg aman, siang juga. karna kan jadwalnya 3 kali sehari. eh malamnya mbak cerita kl sorenya fawwaz keluar bentol2 banyak di kaki dan gatal. kita lgs heran kan wah berarti bukan karna antibiotik bentol2nya fawwaz. gw telp adek gw dunk. dia jg heran harusnya sh udah ga ada obat yg menyebabkan alergi. disuruh pake hydrocortison aj buat ngilangin bentolnya. anti biotiknya di hentikan dl aj. ok d. jd fawwaz ga dikasih antibiotik lg malam itu. jd kemungkinan besar kata si bet obat batuknya itu yg menyebakan alergi.. karna obat batuknya itu kata ibet termasuk yg dosis tinggi. tp ga yakin jg. jd teteup dunk gw kasih obat batuk itu k fawwaz

– Bsknya pas hari sabtu, kita kontrol k dktr benry. hal pertama dilakukan adalah menanyakan hsl EEG fawwaz dan benar trnyata hsl EEG fawwaz ada gelombang epilpesi diotak sebelah kanan. fyi hsl EEG fawwaz yg 1 gelombang epilepsinya di otak kiri. kata dokter berarti cocok buk sm diagnosa sy. fawwaz kejang karna epilepsi. dan dikasihlah fawwaz obat epilepsi yg bernama Vellepsy.
– trus gw ingat mau ngasih tau fawwaz bentol2 juga hbs infus dan mnt gw itu karna antibiotik, trs gw konsultasi sm adik gw yg dktr disuruh gantik dok dgn ini (ambil menunjuk amoksisilin). kata dokternya suruh berhentiin aja antibiotiknya. dan obat batuknya malah ditambahin yg baru. karna yg lama emang udh mau habis.

– trus katanya kl obat epilepsinya hbs jgn tunggu smpe hbs bgt br kontrol. kl udah tinggal dikit kesini lg. gw udah mulai ilfil d. kayaknya dia money oriented bgt d. komersil bgt. sebelum gw tebusobat epilepsinya, gw nanya harganya dl dan untung harganya 100rb a..yowislah ttp gw tebus cuma gw udah ilfil pas disuruh stlh 5 hari kontrol lg. kebayang sm gw brp duit yg hrs gw keluarkan cm buat kontrol aja setiap 5 hr. gw pending ksh obatnya smpe konsultasi aja nanti k dolter spesialias anak konsultan syaraf. itu pikiran gw sm uda waktu itu.

– nyampe rumah karna fawwaz msh batuk teteplah gw kasih obat batuknya. dan ternyata setelah mnm obat itu fawwaz msh bentol2..mumet d gw..kayanya fix d analisa adek gw dan gw jg kalo yg menyebabkan bentol adalah obat batuknya. dan dihentikanlah saat itu obat batuk fawwaz yg dr dr. benry dan alhamdulillah bentol2nya hilang.

 

Demikianlah cerita gw ttg RSSM. terusterang gw ilfil sm rs ini. ratenya lumayan mahal ya. EEGnya gw cek harganya 1jt lbh. di RSCM jakarta aj yg udah kencana lo itu cm 700rb an. apalagi gw ketemu doktrer yang sangat suka ngasih obat dan banyak pula jumlahnya trus ga cocok lg sm anak gw. jd mgk untuk selanjutkan gw akan memepertimbangkan dl kl mau k sini. cuma emang di cibinong ini adlh rs yang lumayan besar.

kayaknya bsk gw bakal simpan nama obatnya d biar selanjutkan ga usah kasih fawwaz merk itu lgi.





Kejang atau mengigil?

6 02 2018

Minggu kira2 jam 3.30 fawwaz kebangun minta pipis. pas sy cek badannya kok anget. sy ambil termometr suhunya 38.5. sy kasih stesolid dan tempra saat itu dgn menggunakan sendok tupperware yang kecil. ada keraguan mengenai dosis obatnya kan harusnya 5ml ya. cuma sy ga nemu sendok obatnya. bismillah aja semoga senodk tpperware td ga masalah. sy hampir ga tidur jaga2 takut fawwaz kejang. alhamdulillah, paginya sy cek fawwaz suhunya udah 36 an. udah normal lah ya. emang sh sebenranya sy udah ngebatin dr pagi tadi pas ngeliat mata fawwaz kok sayu bgt ya. cuma karna dia ga demam, ya mgk karna ngantuk aj karna aja ato karna dia diajak ke pasar naik mobil. fawwaz kan paling ga suka naik mobil.

Hari minggu itu kebetulan ada arisan keluarga di rumah. fawwaz memang banyakan nonton TV aja. ga mau bergaul sm yg lain. sy mikirnya mgk karna lg males aj. sore itu fawwaz sy cek suhunya msh 36 an.

Pas mau tidur sy kembali memastikan suhu fawwaz karna sy liat fawwaz keliatan normal ga sakit. cuma memang entah kenapa sore itu kan sy capek bgt cuma sy ga bisa tidur. malam pun abis ngaji sblm fawwaz tidur sy juga ga bisa tidur, bawaanya pengen liat fawwaz trus, selimutin dia.

ga lama stlh itu, sy liat fawwaz bangun dgn posisi meringkuk dan sekujur badannya gemeteran. sy bnr2 kaget liatnya. matany amelihat sy tp pandangannya kosong. uda lgs gendong dia. saat digendongan pun sy liat fawwaz msh menggigil dan melihat sy dgn tatapan kosong. hbs itu dia tertidur.

sy lgs bawa dia k rumah sakit trimitra yang terdekat, cek darah dan hasilnya katanya fawwaz demam tipoid. kt dktrnya sebaiknya di rawat. oklah ya. tp trnyata kelas yang tersedia untuk rawat inap itu yg ada kelas 3 seharga 350rb sm kelas premium seharga 900rb. jomblang bgt. akhirnya kita minta rujuk k rs lain. yang kepikiran saat itu cuma sentra medika cibinong. karna dari tampilan luar sh keliatan lumayan. yowislah kita ke sana. ALhmadulillah ada kamar yang kita mau. emang sh ttp naik kelas tp ga trlalu banyak bedanya.

di sini fawwaz di ambil lg darahnya dan kata dokternya hasil lab darah di trimitra kmr itu ngacok. masa udah tes widal aj pdhl demam br 1 hari. untuk tes widal itu, demamnya biasnaya udah 7 hari. ini br 1 hari udah tes widal. ya biasa aj sy yg normal skr kl test widal hasilnya postif. kl mnrt dokter di sentra hasil lekosit fawwaz mmg seidkit tinggi. itu pertanda ada infeksi bakteri ya dalam tubuhnya. bearti hrs dikasih anti biotik. mengenai kejangnya yang terjadi saat tdk demam, dokter bilang itu hrs eeg lg. kemungkinan besar fawwaz kena epilepsi.

ah mendengar semua penjelasan dokter ini sy bener2 bingung. kok fawwaz bs kena epilepsi. obatnya hrs diminum rutin selama 2 tahun. dan gmn kl nanti obatnya ada efek samping?

Saat ini trlalu banyak pertanyaan dan pikiran yg berseliweran di kepala. YA Allah, bantu hamba untuk menemukan jalan keluar ya ALlah. semoga kl pun hrs diobati rutin dlm jangka waktu tertetu, tidak memiliki efek samping terhapan kecerdasan dan tumbuh kembang fawwaz. hamba ikhlas menjalani semua ini. Beri hamba petunjuk ya Allah dan mudahkanlah semuanya.

Aamiin T_T