Cerita Mens ku

1 02 2017

Ini aga2 gmn ya mau cerita ini. Kayaknya dr awal gw dapat mens belum ada masalah d. kayaknya gw termasuk perempuan yang mempunyai mens teratur. jadwal mens gw hafal mah dan hampir ga pernah telat ato cepatnya yg kebangetan. pernah sekali banget gw mens 2 kali waktu itu gegara mau seminar tugas akhir. itu pun cuma sekali doang. habis tu normal lagi. siklusnya pasti maju setiap bulannya selama 2 hari, jd normal ya. karna setau gw siklus haid itu hitungannya 28 hari setelah hari pertama haid. ALhamdulillah ya.

Tapi akhir2 ini, aku berasa aneh sama jadwal mensku: ini aku rekap ya dr bbrp bulan belakangan :

Jan 2016 : 6 Jan
Feb 2016 : 02 Feb & 29 Feb (normal lah ya)
Mar 2016 : 26 Mar (normal)
Apr 2016 : 23 Apr (normal)
Mai 2016 : 18 May –> ini udah mulai keliatan nih kok bisa majunya 5 hari?)
Jun 2016 : 12 Jun –> majunya sampai 6 hari
Jul 2016 : 10 Jul (normal lagi)
Aug 2016 : 6 Aug (normal lg)
Sept 2016 : 1 Sep & 26 Sep
Oct 2016 : 24 Oct (normal lg)
Nov : 19 Nov –> siklus 27 hari
Dec : 14 Dec –> siklusnya cuma 26 hari

Jan 2017 : 10 Jan (msh normal dalam hitungan sy, siklus 28 hari)
: 31 Jan –> Udah mulai keliatan titik2 2 di cendalku pas malamnya, cuma drku msh sholat euy takutnya itu bukan noktah mens. eh besoknya tgl 1 pas sholat ashar bener aja udah ada bbrp noktah dan jelas bgt. aku jd ga berani sholat. setelah dihitung siklusnya cuma 22 hari?? trus yg herannya lg, biasanya kan kl br dpate itu hari pertama emang berupa noktah aja ya belum yg banyak gt. lah ini dr tgl 31 jan, skr tgl 2 feb msh aja noktah gt belum banyak juga. Ya Allah…semoga baik2 aja semuanya.

Mulailah gugling mengenai kecemasanku ini. dan katanya ketidakteraturan haid ini bisa disebabkan oleh bbrp hal. karna penyakit (biasanya pas mens disertai sakit. Alhamdulillah kayaknya ini ga trjd sm ak), karna hormon yg tdk stabil (biasanya disebabkan oleh KB ato stress) atau yg terkahir karna makanan dan olah raga yg tll berat. dan yg terakhir karna mau menepouse

Sptnya sy ada di point 3 (stress?) ato poin 4 (karna makanan?). kalo stress sh kayaknya iya, secara gw orangnya gampang stress tp gampang bahagia pula. trus makanan iya pula, semuanya masuk trus ga ada olah raga pula. tp perasaan kmr2 gw lbh parah dr ini d. kok masih teratur ya mensnya. Atau karna opsi terakhir mau monopouse? asataghfirullah. semoga belum ya Allah.

Semoga ketidak teraturan mens ini segera berakhir. selama ini gw ga bersyukur ya dikasih mens yg teratuuuur bgt, eh sekalinya dikasih mens yg ga teratur berasa khawatir. Ampuni hamba ya Allah, sehat itu memang nikmat yg sering dilupankan. dan semoga tidak ada pertanda yg buruk dgn diri ini. Sehat2 ya Allah. Aamiin.

Actions

Information

Leave a Reply

