Opor Kuning Tahu & Telur

23 10 2015

Bahan:
4 Butir telur di rebus dan kupas

4 buah tahu putih, kukus sebentar jika tahunya lembek agar tidak hancur ketika di masak,

Santan 800 ml dari 1/2 butir kelapa

2 lembar daun salam,

2 batang sereh,

2 cm lengkuas geprek

2 lembar daun jeruk purut.

Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )

Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh

Garam secukupnya

Bumbu halus : 

6 butir bawang merah

4 butir kemiri

2 cm kunyit

2 siung bawang putih

1/2 sendok teh ketumbar

1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :

Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan santan, tahu dan telur rebus dan bumbu2 lain. Masak sampai meresap dan taburi bawang goreng

Advertisements




Tahu & Tempe Bacem

23 10 2015

Bahan :

10 buah tahu putih yang padat

800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua tahu terendam air kelapa )

100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )

5 butir bawang merah, iris tipis

3 siung bawang putih, geprek atau iris tipis juga

½ sendok teh ketumbar, haluskan

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas, memarkan

1 sendok teh garam ( secukupnya )

½ sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat :

Siapkan panci, masukkan tahu dan semua bumbu

Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil sampai air menyusut.

Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke tahunya.

Ketika merebus, seskali balikkan tahu agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau gulanya, bisa di tambahkan lagi.

Agar tahu bacem makin padat..dan bumbu meresap, sebaiknya tahu bacem di inapkan dulu sehari semalam, dengan di rendam sisa air berbumbu rebusannya, lalu masukkan kulkas. Jadi ketika di goreng keesokan harinya hasil tahu bacem akan semakin enak, padat, bumbu meresap dan warnanya coklat cantik, seperti kalau kita beli .

Selamat mencoba.

 





Pare Lado Ijo + Teri

23 10 2015

Bahan

  • Pare
  • Teri

Bumbu Halus :

  • Cabe Ijo
  • Bawang Merah
  • Jeruk nipis à supaya cabe ijonya ga item
  • Tomat

Cara :

  • Potong2 pare, ga usah dikupas, dibuang aja bijinya dan dicuci.
  • Hilangkan rasa pahit pare dgn menaburkan garam ke seluruh permukaan, kemudian di remas sampai keluar airnya. Buang dan cuci bersih trus rendam selama 15 menit
  • Goreng pare
  • Goreng teri
  • Goreng cabe ijo yg sudah dihaluskan, campurkan pare dan teri td.
  • Bisa juga cabe ijonya dikasih terasi yg sudah dibakar.
  • Siap dihidangkan




Godok Pisang / Lapek Pisang

23 10 2015

Bahan :

  • Pisang raja yg sudah matang
  • Kelapa : ½ ato secukupnya (pilih yg Muda)
  • Tepung Beras à secukupnya
  • Vanile : 1
  • Garam : secukupnya

Cara :

Hancurkan pisang dgn garpu ato sendok, masukkan kelapa dan Tepung beras (dikira2 aja tepungnya) kalo pisangnya matang biasanya udah manis jd ga usah ditambah gula. Siapkan penggorengan dan goreng hingga kecoklatan. Kalo mau di kukus lapek jg bisa, tinggal dibungkus daun pisang, trus kukus d.





Gulai Daun Singkong / Kacang Panjang & Teri

23 10 2015

Bahan :

  • Kacang Panjang
  • Daun Singkong
  • Teri
  • Santan Encer
  • Santan Kental

Bumbu Halus

  • Cabe Giling : Dikira2 secukupnya sesuai santan
  • Bawang putih : 2
  • Bawang merah : 4
  • Jahe : 2cm
  • Kunyit : 1 cm
  • Lengkuas : 2 cm à Keprek
  • Sereh : 1 à Keprek
  • Daun Kunyit : 1
  • Daun Jeruk : 4

Cara :

  • Aduk santan encer dan bumbu halus sampe mendidih
  • Masukkan teri yg sudah di bersihkanà tunggu sampai mendidih
  • Masukkan kacang panjang atau daun singkong
  • Masukkan santan kental à didihkan sekali lagi
  • Siap dihidangkan




KALIO TELUR AYAM

23 10 2015

Bahan:
1. Telur ayam 12 butir, rebus, kupas kulitnya.
2. Kentang 1/2 kg, kupas, potong2 jadi 2 atau 3 bagian masukkan kedalam air.
3. Santan instan 200 ml.
4. Air 400 ml.
5. Air untuk merebus telur dan menyimpan kentang secukupnya.

Bumbu:
1. Bawang putih 3 siung.
2. Bawang merah 8 siung.
3. Cabe merah 18 buah.
4. Kunyit 1/2 ruas jari telunjuk.
5. Lengkuas 2 cm.
6. Jahe 1/2 ruas jari telunjuk.
7. Sereh 1 batang.
8. Daun jeruk 2 buah.
9. Daun salam 1 buah.
10. Garam 1/2 sdm.
11. Gula pasir 1/2 sdm.

Cara membuat:
1. Haluskan bumbu 10 dan 3. Lalu masukkan dan haluskan bumbu 4,5,dan 6. Lalu masukkan bumbu 1 dan 2. Ulek sampai halus dan lembut (seharusnya spt itu tapi berhubung sudah punya 2 anak yg sudah nagih perhatian dan harus diurus jadi hasil ulekannya kurang halus…:)). Geprek sereh. Sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masak hingga harum dan matang (ingat minyaknya banyak smp bumbu terendam dan pakai api kecil – Nur El bingung api kecil di kompor yg biasa nurel pake untuk masak masakan ukuran api kecilnya terlihat seperti ukuran api sedang di kompor yg biasa dipakai untuk bikin kue, makanya nur el suka ga ngasih tau apinya krn ukuran besar kecilnya api tergantung dr kompor masing2 yg penting jangan pake api besar aja yah…:)).
3. Masukkan sereh, daun jeruk, dan daun salam. Aduk2 hingga harum. Masukkan santan instan yg sudah dicampurkan dng air.Aduk2 agar bumbu merata dan santan tidak pecah.
4. Setelah mendidih, masukkan kentang masak hingga 3/4 matang (rada empuk) dan gula pasir sambil sesekali diaduk. Kemudian masukkan telur  ayam, sesekali diaduk. Masak hingga keluar minyak.
5. Matikan kompor, angkat dan siap tuk disajikan.

Catatan: kalo mau lebih banyak kuah kentalnya tambahin santan kentalnya, berhubung Nur El dan suami da ndut jadi kalo bikin yg bersantan memang ga banyak2. Tapi santannya segini aja biasanya suaminya Nur El ga komplain, dia selalu bilang enak…..makin cinta ga sih….:)





Gulai Tauco

23 10 2015

Bahan :

1 kepal tangan Buncis, diiris serong/ miring tipis

3 bh tahu coklat, di potong tipis

Tempe

1 papan Petai

10 bh udang, cuci bersih à Bisa juga diganti ikan ato telur puyuh

10 buah cabe hijau, iris serong tipis2

Bumbu

5 siung bawang merah, iris halus

3 siung bawang putih, iris halus.

1 batang serai, dikeprek

3cm jahe, iris halus

2cm lengkuas, iris halus.

1 bh daun salam

1 bh daun jeruk

2-3 sendok makan taucho (bisa juga tauco Kokita)

minyak goreng untuk menumis

Garam secukupnya

santan kaleng 1 bh

Cara olah :

Panaskan minyak goreng, tumis cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, daun jeruk, sereh, jahe. Aduk rata beberapa hingga layu dan harum. Masukkan buncis, aduk rata Masukkan udang dan tahu, sampai udang berubah warna Masukkan tauco.aduk rata Masukkan santan , aduk2 hingga matang, berikan sedikit garam Angkat dan sajikan.