Over Kredit KPR

5 03 2015

hiks…kalo ingat KPR tu spt ingat sesuatu yg pengen bgt dilupakan tp ga bisa. makin diliat itu utang, kok kayak melihat pergerakan saham ya. bener2 seupil demi seupil. moso utang gw yang 423jt itu, udah hampir 2 tahun gw nyicil, masih sisa 393jt. jadi trenyata dari total 103jt cicilan gw yang dibayarkan k bank, itu yg buat utang gw cuma 30jt, sisanya 73 jt itu BUNGA!!! nyesek kan??? BANGET..

gw sampe di titik ngeri, sedih dan ga rela. ini riba d kayaknya. moso iya bunganya lebih dari 2 kali lipat gitu. padahal gw KPR di bank syariah lo. pegimana pembagiannya ya itu kok bisa pembayaran bunga segede itu. wajar dunk gw ga rela. salah gw juga sh kenapa ya mikir kayak gini ga diawal2. malah nyeseknya skr. itu bunganya masih 9% lo, lah gw kan pake bunga bertingkat, di tahun ke 3-5 bunganya naik 12% dan di tahun k 6-15 bunganya jadi 15%. ah ga kebayang gimana ga relanya gw nanti setiap bulan pas nyicil.

Mulai kepikiran dr kapan pengen take over kredit aja kali ya, sapa tau dapat bunga yang lbih kecil dan ga nyekek nasabah bgt. denger2 bank DKI syariah yang paling kompetitif. cuma sygnya gw juga ada masalah di SHM gw yang sampe skr masih belum berhasil dipecah developer, sehingga pihak bank juga belum megang itu SHM. pdhl salah satu syarat buat take over kredit itu harus ada sertifikat, nih syarat lengkapnya ya.
1. Copy sertifikat
2. Copy ajb
3. Copy imb
4. Copy pbb
5. Copy Ktp agan dan suami ato istri
6. Copy Surat nikah
7. Copy npwp

trus gegara sertifikat itu blm ada berimbas jg k syarat2 yg lainnya, seperti AJB jelas belum ada jg dunk, karena AJB baru bisa dilaksanakan apabila sertifikat dan PBB sudah pecah per kavling oleh developer, setelah pecah baru bisa ttd AJB. IMB dan PBB juga sampai saat ini masih dalam proses pemecahan oleh developer. pusing kan…gw jadi ga bisa gerak. pengen ga bayar cicilan ntar kena bunga berbunga dunk..arrrggh. #garuk dinding.

terpikir pengen bayar cicilannya 100 jt thn ini, trus thn 5 100jt lg. biar cepat kelar ini KPR. asli pusing gw tiap liat dokumen angsuran. Ya Allah, semoga KPR ini segera berakhir.

Actions

Information

Leave a Reply

