Birth Story

16 12 2014

ini kejadiannya udah lebih dari setahun yang lalu sh. cuma berasa msh kemaren lo. gw masih ingat kejadiannya gmn, mgk gw masih agak trauma ya. jd kmr pas gw lahiran fawwaz agak2 drama dikit. Awalnya gw udah memutuskan untuk lahiran normal, karna denger cerita dr banyak orang, lahiran normal itu emang sakit, cuma bentar doang, kl sc lama. Trus bbrp waktu sblmnya gw jenguk sepupu uda yg lahiran SC smpat pingsan di kamar mandi. makin bulat dunk ya keputusan untuk normal, gw melakukan bbrp usaha agar bs normal, gw jalan kaki tiap pagi dan sore ke/pulang kantor. gw ikut senam hamil tiap sabtu di RSIA Tambak. sengaja nih ga cuti di awal, mending mepet di akhir aja kalo udah kontrraksi j d cutinya bisa panjang nanti.

Kontraksi pertama itu pas hari Rabu tanggal 25 September 2013, mulesnya udah jelas dan sakit, emang sh belum sampe yang tiap 5 menit. cuma sy udah dikasih saran ibet (adik saya) yg kebetulan mang lg liburan di jkt baiknya cek lgs k dokter. gw cek lah ya. ternyata masih pembukaan 1. gw disuruh pilih mau nginap apa engga, gw bilang boleh d. sapa tau malam2 bgt ntar sakit lagi. pas paginya di cek lagi, trenyata msh ga nambah2 pembukaanya. yowis, akhirnya kita pulang lagi dunk. Hari kamis Jam 9-an gw pulang, karna udah kesiangan gw jg udah ga ngantor, mulesny amasih ilang2 timbul, cuma gw udah susah tidur. pas malamnya gw bnr2 ga bisa rebahan, gw nahan mulesny sambil duduk. pas jam 1 an, gw udah ga tahan, akhirnya k rmh sakit lagi. trnyata pas di cek udah pembukaan 2 dunk. istirhatlah gw di rumah sakit.

sbnrnya kita udah mutusin mau ambil kelas 1 ya. cm karan kmr sempat pulang, gw takut bakal kejadian disuruh pulang lg sm susternya, gw pilihlah kelas 2 ya. eh trnyata gw ga disuruh pulang dan kelas 1 yg gw incer ada isinya..hahaha. gw ingat bgt pagi2 itu gw udah telp nyokap biar naik pesawat hari itu juga k jkt. gw udah feeling kl lahiran bntar lagi. gw olah raga tuh naik tangga dari 1 sampe 4 bolak balik dan ditemani pak suami tentunya. siangnya dicek pembukaaan brp mbak? yah baru pembukaan 4. baiklah lanjut dunk gw jalan lagi bolak balik lantai 1 dan 4 trus keliling rumah sakit, sorenya jam 5 an di cek lagi alhamdulillah gw udah pembukaan 7. seneng bgt dunk, mulesnya makin berasa bgt. buku zikir dan doa untuk ibu hamil dan melahirkan itu ga lepas dr gemggaman gw. doa nabi yunus ketika terperangkap dalam perut ikan jg sering gw lafazkan, berharap sakitnya berkurang. ah..bener2 sakitnya sakit bgt. gw masih berusaha pas mules itu bolak balik kamar mandi, walaupun disuruh ga usah sama pak suami dan susternya. cuma ya gw kan ga enak. sapa tau gw mules mau pup beneran. jd bener2 gw usahakanlah dgn mules2 itu gw tetep bolak balik kamar mandi.

Setelah menahan mules yng dramatis itu, kira2 jam 7. susternya bilang k gw mau kasih perangsang, gw di infus. gw br tau kl itu induksi pas udah lahiran lo.  setelah gw di infus itu, Ya Allah, mulesnya bener2 sakit bgt, ketika mules yg normal, gw masih smpat baca doa dan ada jeda pas ilang mulesnya gw bisa minum. kl waktu di impus itu mulesnya berulang2 dan tidak ada jeda, gw sampe muntah 2 kali, kebayang kan? dalam keadaan tdk melahirkan aja, jika muntah kita udah kehabisan tenaga, apalagi gw posisinya mau lahiran, trus gara2 diinfus itu, gw muntah samape 2 kali, mana banyak lagi muntahnya. wajar bgt tenaga gw bnr2 habis. jd gw ga sempat minum apalagi senyum.. gw cuma bisa istighfar sambil ngeluh sakit. Ya Allah, gw masih bisa ngerasain sakitnya smpe skr. mules tanpa henti, saat itulah gw bilang k susternya supaya panggil dokter. pas dokter Bote dtg, gw udah siap. Bismillah, gw mulai ngedan, gw ingat2 bagian yg diajarkan waktu senam hamil, gmn cara ngedan, gw keluarkan semua usaha gw, tp masih gagal, ok kata dokternya, kita coba lagi, setelah dicek lagi denyut bayinya kira2 udah bisa ngedan ato belum, gw coba lagi. setelah bbrpa kali ngedan, dan ketuban pun sudah pecah, tp kepala bayinya ga turn2 k jalan lahir, walau posisi kepala udh di bawah. ah, gw bener2 ingat semua dosa gw. ya Allah, apa karna dosa gw banyak bgt ya, terasa bgt susahnya ngelahirin. Pas disaat gw udah hopeless, ibuk datang, gw lgs peluk dan cium tangannya, minta restu, minta doanya agar gw dimudahkan lahirannya. Tp sayang, gw udah kehabisan tenaga, gw tetep coba ngedan tp tetep kepala dedeknya ga turun karna gw emang udah ga ada tenaga lagi, akhirnya gw bilang k doktrenya SC aja. stlh ngomong k suami, suamipun setuju, mgk dia juga udh kasian liat gw.

Dan persiapan operasi pun dimulai, gw disuruh siap2. ah, sepintas gw ngeliat banyak sekali ketuban dan cairan lain yg memenuhi alas tmpat gw berusaha td udah kotor bgt. gw di pindahin k tmpat tidur yg lain buat operasi SC. gw di bawa ke sebuah ruangan, td di perjalanan gw smpat melirik k suami dan nyokap gw minta dukungan, cukup dgn bahasa wajah dan kedipan mataaj, gw udh ga bs berkata2 saking nervousnya. pas diruangan gw ketemu sm dokter anestesinya yang udah tua. gw lgs di suntik bagian belakang punggung. ga berasa sakit lo. cuma setlah disuntik itu perlahan gw mulai ngerasa dingin. dan gw disuruh angkat kaki sama dokter itu, ternyata amazingm obat biusnya udah mulai bekerja, kaki gw udah berasa baal. nah saat itulah dokter bote dan pendampingnya mulai datang dan mulai beraksi. gw ingat bgt gmn dokter itu mulai beraksi, gw kan cuma dikasih penghalan gorden ya, jd cuma bis aliat bayang orang dibalik gorden itu, cuma gw bisa denger semua isi pembicaraan mereka. bisa ya mereka o[erasi sambil ngerumpi gitu, hebat…salut gw. tp kl boleh gw usul, sebaiknya dokter yg lg nanganin pasien itu hrs aware dikitlah sama pasien, gw ngerti mgk mereka buat ngilangin rasa jenuh bisa sekalian becanda, tp sambil ketawa2 ngakak dan ngerumpi itu menurut gw perlakuan yg kurang etis. trus gw sempat nanya k dokter anestesinya, kok gw merasa dingin bgt ya, bisa ga ACnya dituruni, gw blum  nyadar kalo itu adalah efek bius. dia juga bilang, itu cuma perasaan gw aja karna gugup mau opearsi. oh no…gw agak ilfil juga pas kejadian ini lo. cuma apa daya, waktu itu kan gw posisinya ga tau dan BUTUH.

lumayan lama juga operasi itu berjalan, sampe gw denger ada suara bayi nangis kenceng. beberapa saat kemudian, ada seseorang yang membisiki k gw, bayiny alahir sempurna. Alhamdulillah. gw lgs sumringah apalgi ketika bayinya di deketin k dada gw buat IMD. gw terharu dan melelh bgt. ini anak gw yg gw kandung selama 9 bulan lbh ini, gw berjuang demi bayi mungil ini. bnr2 antara hidup dan mati. hatiku luluh melihatnya pengen pelukj dan cium dia cuma gw ga bisa angkat tangann saking kedinginannya. gw cuma bilang k susternya, suster tlg diangkat debaynya takut dia jg kedinginan kyk gw. akhirnya debaynya diangkat. berarti? setelah gagal td melahirkan NORMAL, gw gagal lg IMD. kemudian terdengar susternya sibuk membersihkan gw, mgk memrsihkan ari2 gw dan sisa2 setelah operasi. setelah beres, gw di arak k ruangan pemanas. jd gw dibungkus, cuma kepala doang yang keliatan, trus dipanasin. perlahan tangan gw mulai berasa, bisa mengepal dan bisa bergerak lagi. gw di ruangan itu 2 jam an. tp aneh. gw ga bisa tidur lo pdhl gw capek. enak bgt rasanya badan gw dipanasin. td beku bgt. oiya gw jug aberasa haus bgt setelah operasi td. gw sampe minta ke susternya air minum lo.

Kira2 jam 11 gw dipindahin k ruang inap. karna sebelumnya gw emang di kelas 2 jd gw ga bisa naik k kelas 1 saat itu juga. yowislah ta apa2. gw liat sekilas td di jalan uda, ibuk dan adik gw bergantian. Alhamdulillah gw masih idup. gw lgs nanya bayi gw mana? kata mereka ada diruangam suster. jd malam itu kita istirahat aj, gw pdhl udah ga sabar pengen liat anak gw. bsknya gw br bisa ketemu sm anak gw, cuma pas diajarin nyusu, ah gw kesusahan lg. kara puting gw datar, babynya belum  bisa kali ya nyusu. gw udah berulang kali lo diajarin suster. akhirnya setiap anak gw nangis, gw telpon suster ajarin lg. bener lo ini, mana gw blm bisa bergerak bebas. ah sedih lg d gw waktu itu. paginya gw diajarin pelan2 miring kiri dan miring kanan, trus sorenya diajarin duduk, trus besok paginya baru d gw diajarin berdiri pelan2. ah waktu dr posisi duduk k berdiri itu bikin pusing lo. gw smpet berujar, ini pnderitaan kpn berakhir ya. karna pas Minggu itu gw udah boleh jalan, maka gw boleh pindah k klas 1. Hari minggu itu gw diajarin mandiin debaynya, diajarin pompa asi sama bidan. oiya malam minggu itu pertama kali gw begadang lo ngurusin bayi. bayinya lumayan rewel malam itu karna dia belum bisa nyusu sm gw. jd setiap nangis gw panggil susternya. cuma alhamdulillah hari itu gw udah bisa bergerak bebas. jalan juga udah bisa lancar, mandi juga udah bisa. walau agak oleng.

Senin siang nya gw udah boleh pulang sama dokter. tentu setelah di cek jaitannya dan hari rabunya gw disuruh cek lg. buat ngecek bayinya jug ash, kebetulan fawwaz bilirubinnya agak sedikit dibawah. 8 ya kl ga salah, gw lupa. tp pas rabunya gw cek debay lg alhamdulillah bilirubinnya udah normal.

Begitulah cerita melahirkan gw..agak horor emang sh. semoga anak gw selanjutnya bisa normal dan lancar selancar2nya. Aamiin..

 

Actions

Information

Leave a Reply

